Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Bagi anda yang saat ini sedang menderita gagal ginjal diharuskan untuk menghindari beberapa pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal. Hal ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

gagal-ginjal

Gagal ginjal atau dalam ilmu kedokteran disebut dengan Renal Failura yang merupakan istilah dari non-spesifik yang menggambarkan mengenai penurunan fungsi ginjal di bawah batas normal.

Diperkirakan 1/5 dari pria dan 1/4 dari wanita berusia 65-74 tahun memiliki kecenderungan yang lebih kuat untuk terkena penyakit ini.

Nah maka dari itu untuk anda yang sedang mengalami gagal ginjal, anda wajib mengetahui pentangan-pantangan makanan yang tidak boleh anda makan serta untuk menjaga ginjal anda supaya tetap sehat.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita gagal ginjal, seperti:

  • Lemak

Seperti yang sudah kita ketahui fungsi lemak untuk jantung sebenarnya sangat baik, namun untuk bagian ginjal lemak ini sangatlah tidak baik.

Apalagi jika makanan yang kita makan memilki lemak serta kolesterol yang tinggi seperti : makanan siap saji, Daging merah, Jeroan (hati, limpa, usus, otak, dll), Kulit ayam, dan masih banyak lagi.

Diharapkan bagi penderita gagal ginjal makanan yang berlemak serta mengandung kolesterol tinggi anda hindari, hal ini untuk mempermudah proses penyembuhan.

  • Hindari makanan berbahan pengawet kimia

Semua bahan makan yang mengandung bahan penyawet kimia sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, apalagi untuk penderita gagal ginjal.

Nah maka dari itu untuk menghindari bahan-bahan penyawet yang terbuat dari bahan kimia, adabaiknya jika anda makan-makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan buatan sendiri.

  • Protein

Untuk penderita gagal ginjal diharuskan  untuk menghindari makanan yang mengandung protein tinggi seperti : daging kambing, daging ayam, telur, udang, ikan. Jika anda tetap mengkonsumsinya maka akibatnya gagal ginjal yang anda derika akan semakin parah.

  • Karbohidrat

Bagi penderita gagal ginjal yang ingin melakukan diet sebaginya and menghindari makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti: ubi, kentang, nasi, jagung, macaroni, havemout dan pasta.

 Akan lebih baik, jika diganti dengan: buah-buahan, roti, biji-bijian, dan sayuran karena makanan ini juga memberikan energi, serat, mineral, dan vitamin untuk tubuh kita.

Selain itu, juga bisa menggantinya dengan madu atau jelli, bahkan jika diperlukan bisa mengkonsumsi makanan penutup berkalori tinggi seperti kue, tetapi tetap batasi makanan penutup yang dibuat dari susu, coklat, kacang atau pisang.

  • Hindari konsumsi sayur atau buah dengan kalium tinggi

Sayuran dan buah-buahan yang berkelium tinggi diantaranya apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, buncis, kembang kol, seledri, stroberi, papaya, dan daun papaya sebaiknya anda hindari.

Tingkat kalium yang normal akan membantu menjaga jantung berdetak dengan normal, sedangkan tingkat kalium tinggi pada tubuh akan menyebabkan penumpukan sehingga ginjal tidak akan berfungsi dengan baik dan bisa membuat anda menderita gagal ginjal.

  • Hindari makanan yang mengandung zat fosfor

Biasanya penderita gagal ginjal tingkat zat fosfor dalam tubuhnya tinggi, hal ini sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan kalsium dalam tubuh menjadi rendah sehingga tubuhpun akan menarik kalsium dari tulang dan tulang akan menjadi semakin melemah.

Beberapa makanan yang mengandung zat fosfor yang harus dihindari oleh penderita gagal ginjal, seperti: susu, yogurt, keju, jenis kacang-kacangan termasuk selai kacang.

Jika anda tetap mengkonsumsi makanan yang memilki zat fosfor tinggi bisa saja memicu penyakit yang lainnya seperti timbulnya gatal-gatal pada kulit dan melemahnya tulang.

  • Jangan konsumsi seafood

Beberapa makanan seafood yang memilki bahan penyawet seperti: Kepiting, cumi-cumi, udang, tiram, dll sangatlah tidak baik untuk penderita gagal ginjal.

  • Batasi cairan dalam tubuh

Bagi penderita gagal ginjal sebaiknya membatasi cairan yang diminum atau dikonsumsinya, karena hal ini  akan membuat kondisi semakin buruk dan ketika Anda sedang melakukan dialisis ini sangat berbahaya karena cairan bisa saja menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit yang lainya seperti sesak napas.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak sering minum, yaitu hindari makanan asin, hindari makan es krim, dan jangan keluar rumah terlalu sering saat cuaca panas.

Itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal,  Selain menghindari beberapa makanan yang dilarang. Sebaiknya anda mengkonsumsi juga makanan yang direbus atau dikukus.

Demikian informasi dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal

Baca juga artikel lainnya : Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *